11 Aplikasi Edit Foto Android dan iOS Terbaik 2018

Sumber Pixabay
Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, mengabadikan foto tidak lagi harus menggunakan kamera DSLR ataupun sejenisnya, namun bisa menggunakan smartphone. Smartphone saat ini memiliki fitur kamera yang canggih dan juga bisa menggantikan fungsi komputer dalam mengedit foto.

Penggunaan smartphone untuk fotografi yang semakin banyak membuat developer aplikasi edit foto berlomba-lomba menciptakan aplikasi yang mempunyai berbagai fitur yang menarik. Diantara aplikasi edit foto yang ada di play store maupun app store goresan tua akan merangkum aplikasi editing foto yang terbaik menurut goresan tua.

Ini Dia 11 Aplikasi Edit Foto  Android dan iOS Terbaik Versi Goresan Tua

1. VSCO
VSCO
Vsco merupakan aplikasi untuk mengedit foto yang mempunyai banyak filter, kalian juga bisa membagikan hasil editing foto untuk saling menginspirasi. Ada banyak filter keren yang bisa digunakan dari yang gratis hingga yang berbayar yang masing-masing memiliki estetika tersendiri untuk jenis gambar tertentu. Dalam aplikasi ini ada beberapa tool yang disematkan diantaranya ekposure, HSL dan highlight yang berguna menonjolkan warna. Tidak heran kalau aplikasi ini di sukai oleh para pengguna instagram.

2. Adobe Photoshop Lightroom
Adobe Photoshop Lightroom
Mungkin sudah tidak asing lagi bagi fotografer menggunakan software ini, fiturnya yang mudah membuat para fotografer dunia menyukai aplikasi ini. Software yang tadinya hanya ada di pc kini sudah ada di perangkat mobile android maupun ios. Jadi gak perlu ribet lagi mindahin foto ke pc dan mengeditnya, setelah jepret foto bisa langsung di edit. Walaupun aplikasinya berukuran agak besar namun itu sebanding  dengan fitur-fitur yang menurut saya lengkap seperti mempunyai dukungan foto RAW, menyesuaikan kecerahan, kontras, suhu warna, saturasi, dan masih banyak fitur keren lainnya.

3. Snapseed
Snapseed
Aplikasi edit foto yang dikembangkan oleh google ini selain mudah digunakan juga mempunyai puluhan efek yang menarik untuk kamu coba. Diantara fitur-fiturnya ada efek hitam putih, sepia, kecerahan, saturasi, ketajaman, efek blur yang bisa hasilin foto kamu bokeh layaknya smartphone yang menggunakan dual kamera. Sama seperti adobe lightroom, snapseed ini juga bisa membuka file JPEG (foto matang) dan RAW (foto mentah).

4. PicsArt Photo Studio
PicsArt Photo Studio
PicsArt merupakan salah satu aplikasi edit foto terpopuler dengan jumlah unduhan mencapai lebih dari 100 jt.  Dalam aplikasi ini kamu bisa menambahkan efek, mengatur transparansi foto, menambahkan frame, menambahkan teks maupun stiker dan menggambar langsung di foto. Kamu juga bisa membuat foto manipulasi dengan layer-layer layaknya photoshop.

5. Pixlr
Pixlr
Aplikasi yang sudah di unduh lebih dari 50 jt ini mempunyai fitur-fitur yang menarik, di antaranya membuat kolase, blur, corat-coret dengan pena dan spidol yang sudah disediakan. Dulu aplikasi ini hadir secara online saja, namun sekarang kamu bisa menikmati di smartphone baik android maupun ios.

6. Prisma Photo Editor
Prisma Photo Editor
Dengan aplikasi ini kamu bisa mengedit foto kamu menjadi layaknya sebuah lukisan. Aplikasi yang dulu sempat booming ini memiliki banyak filter dengan lebih dari 800 filter. Aplikasi ini tersedia untuk platform android dan ios, salah satu kelebihan dari aplikasi prisma yaitu ukuran aplikasi ini cukup kecil tidak lebih dari 8 mb ( pada saat postingan ini dibuat). Seperti aplikasi edit foto lainnya, setelah melakukan edit, pengguna bisa langsung mengshare ke media sosial.

7. Afterlight
Afterlight
Afterlight mempunyai filter yang halus dibanding filter instagram. Kamu bisa mengunduhnya di app store maupun play store. Aplikasi ini mempunyai 59 filter dan 66 tekstur yang bisa kamu gunakan. Ada banyak fitur didalamnya seperti cropping, 77 frame yang berbeda, dan lainnya. Jika kamu mengupload hasil editan afterlight kamu bisa memberikan #afterlight

8. Hypocam
Hypocam
Bagi kamu yang suka dengan foto efek monokrom atau hitam putih kamu sebaiknya mencoba aplikasi yang satu ini. Di aplikasi ini kamu bisa mengedit foto menjadi hitam putih dengan mengatur kontras dan tingkatan warna sesuai keinginanmu dan kamu juga bisa mengambil foto secara langsung dengan efek hitam putih menggunakan aplikasi hypocam ini. Aplikasi yang dirilis tahun 2016 ini sudah di unduh sebanyak 1 jt lebih pengguna. Jika kamu bingung dalam proses mengedit kamu gak usah khawatir karena developer sudah menyematkan fitur tips dan trik untuk pengguna mempelajari lebih jauh tentang tips dan trik mengedit foto menjadi hitam putih.

9. PicMix
PicMix
Aplikasi pengedit foto ini merupakan aplikasi karya anak bangsa atau buatan lokal. Dalam aplikasi ini kamu bisa mengedit foto dengan menjadikannya kolase, memasukkan stiker yang lucu dan menarik, dan memberikan bingkai pada foto. Aplikasi yang berukurukan 10 mb ini sudah di unduh lebih dari 10 jt di play store.

10. GoArt
GoArt
Aplikasi edit foto terbaik lainnya adalah GoArt.  Aplikasi ini mirip seperti aplikasi Prisma yang bisa mengubah fotomu menjadi lukisan karya seni artistik menggunakan teknologi AI. GoArt memungkinkan pengguna untuk menghasilkan foto kualitas tinggi dengan resolusi 2880x2880 pixel. Aplikasi yang dibuat oleh Everimaging Ltd. Ini merupakan aplikasi pertama di dunia dengan teknologi berbasis AI efek, yang mendukung sekitar 10M ekspor image.

11. Adobe Photoshop Mix
Adobe Photoshop Mix
Berbeda dengan Adobe Photoshop Lightroom aplikasi ini memiliki beragam fitur penyuntingan, pilihan tools, hingga efek filter yang bisa dikustomisasi sesuai dengan selera kamu. Seperti halnya Adobe Photoshop pada PC, aplikasi ini juga memiliki fitur layering dan selective adjustment.

Itulah 11 aplikasi edit foto  Android dan iOS terbaik versi Goresan Tua.
Dan, Semangat berkarya!

No comments

Post a Comment